Langsung ke konten utama

Pengertian Tari Menurut Ahli Luar dan Dalam Negeri

PENGERTIAN TARI MENURUT AHLI LUAR NEGERI DAN DALAM NEGERI

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh, hallo para pembaca yang saya hormati. Dalam artikel kali ini, saya akan menyampaikan informasi mengenai "Pengertian Tari Menurut Ahli Dalam Negeri dan Luar Negeri". Pastinya pembaca sekalian penasaran kan, apa saja sih pendapat-pendapat dari ahli-ahli terkemuka mengenai tari? Maka dari itu, langsung saja kita mulai pembahasan tentang "Pengertian Tari Menurut Ahli Dalam Negeri dan Luar Negeri".
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi online, seni tari adalah seni mengenai tari-menari atau gerak-gerika yang berirama. Tari menurut para ahli:

A. Tokoh Luar Negeri

1. Coorie Hartong














Beliau merupakan seorang yang lahir di Belanda, dikenal sebagai guru tari dan koreografer. Hartong memiliki sekolah tarinya sendiri bernama Rotterdam School of Dance yang didirikan pada tahun 1931. Menurut beliau, tari adalah gerak-gerak badan yang diberi nuansa ritmis dan dilakukan dalam suatu ruang.

2. Hawkin
Tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diubah oleh imajinasi dan diberi sebagai ungkapan si pencipta.

3.  La Merry
Beliau merupakan ahli, koreografi, dan guru dalam seni tari dari etnis Amerika. Di masa mudanya, beliau mulai mempelajari seni tari dengan mempelajari tari balet. Menurut beliau tari adalah ekspresi yang berwujud simbolis dalam wujud yang lebih tinggi harus diinternalisasikan untuk menjadi bentuk yang nyata.

4. Sussane K Langer














Langer merupakan seorang filsuf dan penulis berkebangsaan Amerika. Menurut beliau, tari adalah gerak ekspresi manusia yang indah. Gerakan dapat dinikmati kedalam penghayatan ritme tertentu.

5. Aristoteles














Aristoteles mengartikan seni tari sebagai suatu gerak ritmis yang dapat menghadirkan karakter manusia saat mereka bertindak.

6. John Weaver













Weaver merupakan seorang berkebangsaan Inggris dan dikenal sebagai master dalam tari balet, koreografer, dan bapak pantomim dalam sejarah Inggris. Menurut beliau, seni tari adalah gerak-gerak teratur yang elegan, dibentuk secara harmonis dari sikap yang elok, dan melawan postur tubuh yang anggun.

7. Curt Sachs














Sachs adalah pakar musik berkebangsaan Jerman yang telah mempelajari musik sejak usia belia. Walaupun lebih dominan dalam seni musik, Sachs juga memiliki satu buku yang membahas seni tari, berjudul Word History of the Dance (1937). Menurut beliau, seni tari adalah pelafalan jiwa manusia melalui gerak berirama yang memiliki nilai estetika.


8. Judith Mackrell














Mackrell adalah seorang kritikus tari, dan juga menulis banyak artikel berkaitan dengan seni gerak tubuh ini. Dalam artikelnya yang diunggah dalam media online Britannica.com dengan judul Dance (2017), seni tari adalah gerak-gerak tubuh yang ritmis, seiring dengan musik dan dilakukan dalam sebuah ruang, dengan tujuan mengekspresikan ide atau emosi, melepaskan energy, atau hanya untuk kesenangan semata.

9. Walter Sorell
Beliau ini merupakan penulis yang aktif membuat karya tulis dalam bidang tari dan budaya. Sorells aktif menulis di tahun 1950 hingga 1966. Menurut beliau, seni tari adalah setiap mengoleng-olengkan tubuh dan anggotanya asal hal ini dilakukan dengan irama tertentu, ada yang diiringi musik dan ada yang tidak.


10. Judith Lynne Hanna














Hanna adalah seorang yang banyak berkontribusi pada bidang seni dan pengetahuan sosial, dan juga ahli dalam bidang antropologi. Karya-karya bukunya sudah diterbitkan di Belgia, Kanada, Prancis, Belanda, dan di beberapa negara lainnya. Menurut Hanna, seni tari adalah seni plastis dari gerak yang visual terlihat sepintas.










B. Tokoh Dalam Negeri

1. Soedarsono














Soedarsono merupakan seniman berkebangsaan Indonesia dan guru besar dalam bidang Seni dan Sejarah Budaya di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gajah Mada. Menurut beliau, tari adalah ekspresi jiwa manusia melalui gerak-gerak indah dan ritmis.

2. Drs. I Gede Ardika














Beliau adalah Menteri Kebudayaan dan Pariwisata pada masa Kabinet Gotong Royong. Beliau memegang jabatan tersebut di tahun 2000 hingga 2011. Menurut beliau, tari adalah sesuatu yang dapat menyatukan banyak hal hingga semua orang bisa menyesuaikan diri atau menyelaraskan geraknya menurut caranya masing-masing.

3. M. A Teodhora Retno Maruti










Beliau adalah maestro tari Jawa klasik gaya Surakarta. Beliau juga merupakan koreografer yang giat mengembangkan seni tari Jawa klasik. Menurut Beliau, seni tari dapat diartikan sebagai suatu karya seni yang tidak akan pernah bersifat kontemporer.

4. M. Jazuli
Tari adalah gerak-gerak tubuh yang selaras dan seirama dengan bunyi music yang dapat digunakan untuk mengungkapkan maksud dan tujuan tertentu.

5. Atiek Soepandi
Beliau merupakan salah satu penulis dalam bidang seni yang aktif menulis sejak tahun 1970 hingga tahun 2000. Soepandi dikenal memiliki ketertarikan dalam bidang seni daerah, khususnya musik tradisional. Pengertian seni tari menurut beliau adalah ekspresi jiwa manusia melalui gerak-gerak ritmis dan melodi yang indah.

6. Yulianti Parani














Parani merupakan seorang koreografer dan juga sejarawan yang lahir di Jakarta pada tahun 1939. Beliau sudah mnegenal tari balet sejak usia 11 tahun, lalu mengembangkan tari balet di Indonesia. Beliau juga mendirikan sekolah balet bernama Nritya Sundara pada tahun 1957. Seni tari, menurut Parani, adalah gerak-gerak ritmis sebagian atau seluruhnya dari tubuh yang terdiri dari pola individual atau kelompok yang disertai ekspresi atau ide-ide tertentu.

7. Enoch Atmadibrata












Pakar seni yang lahir di Garut ini merupakan salah satu seniman yang dikenal karena karya-karya koregrafinya. Beliau juga menerima penghargaan Satya Lencana Kebudayaan dari Presiden Republik Indonesia tahun 2003. Menurut beliau, seni tari adalah susunan sikap tubuh di dalam ruang, berlandaskan irama dan gerak.

8. Bagong Kasudiharja













Beliau merupakan seorang koreografer dan pelukis yang berasal dari Indonesia. Bagong berkarir dalam bidang seni tari di tahun 1954. Beliau juga memiliki pusat latihan tari (PLT) yang didirikan di tahun 1958. Definisi seni tari menurut beliau adalah suatu seni yang berupa gerak ritmis yang menjadi alat ekspresi manusia.

9. Soeryodiningrat
Menurut beliau, seni tari adalah gerak anggota tubuh yang selaras dengan bunyi music atau gamelan diatur oleh irama sesuai denan maksud tujuan tari.



Itulah beberapa pengertian seni tari menurut beberapa ahli dalam dan luar negeri. Semoga artikel yang saya sampaikan bermanfaat. Bila ada kesalahan tulisan maupun bahasa yang saya gunakan mohon dimaafkan, karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT.
Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Tari Berdasarkan Jumlah Penari dan Aliran

JENIS TARI BERDASARKAN JUMLAH PENARI DAN ALIRAN Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh. Hallo para pembaca, pada artikel saya kali ini akan membahas mengenai "Jenis Tari Berdasarkan Jumlah Penari dan Aliran". Di negara yang memiliki berbagai macam kebudayaan ini yang salah satunya seni tari, tentunya bagi kita, masyarakat Indonesia, terutama generasi muda wajib untuk tahu dan melestarikan salah satu seni kebudayaan Indonesia, yaitu seni tari. Maka dari itu, untuk mengenal lebih dalam mengenai seni tari, lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu mengenai hal mendasar tentang seni tari. Apa saja sih jenis-jenis tari itu? Pada dasarnya, seni tari dapat dikelompokkan menjadi dua jenis tari. Dari kedua itu maka kita bisa mengetahui perbedaan dari seni tari sendiri. Dua macam berbedaan itu bisa dilihat dari jumlah penarinya dan macam genre/aliranya. A. Tari Berdasarkan Jumlah Penarinya Dalam sebuah tarian pasti ada sebuah subjek utama yang menjalankan tar

Ragam Gerak Tari Gambir Anom dan Ndolalak

Ragam Gerak Tari Ndolalak Gerak tangan A) Gerak Kirig Gerak bahu yang cepat pada saat tertentu B) Gerakan ngruji . Semua jari rapat tegak lurus, ibu jari masukditekuk merapat telapak tangan. Tangan kiri dan kanan sama.  C) Seblak sampur  . yaitu tangan memegang pangkal sampur dari arah dalam kemudian mengurutkannya menuju jung sampur sambil diluruskan kesamping sejajar lambung. D) Nggroda . yaitu gerakan siku ditekuk dengan pergelangan tangan menghadap badan.  Gerak badan A) Gerak Mendhak. Gerak badan berdiri dengan merendah B) Adeg-Adeg. Sikap berdiri dengan posisi kaki tidak sejajar, lutut menekuk. C) Hoyog Gerakan badan yang dicondongkan kesamping kanan atau kiri dan kedua lutut sedikit ditekuk. Gerak kaki A) Gerak Srisig